Minggu, 21 Desember 2008

KACAMATA PONOROGO


SALaM BUAT PONOROGO TERCINTA......!!!!!

tanpa kita sadari ponorogo sudah berusia ke XV.perkembangan pun kian nyata,coba sorot ponorogo bagian timur,barat,utara,selatan hingga yang terpusat ditengah kota.disana potensi wisata kiat pesat dan maju seperti

1.wisata rekreasi :

a.air terjun pletuk sooko yang baru dibuka belum lama ini,jalannya kian licin karena baru saja direhap adapun rutenya perempatan jeruksing ketimur lurus sampai pasar pulung lalu disana ada dua alternatif lewat kec.pudak apa kec.sooko?tinggal pilih.

b.kayangan tepatnya kec. pudak tempatnya hampir puncak gunung wilis,disana pendangan      mata bisa keseluruh wilayah ponorogo sangking luasnya.udaranya masih alami,segar dan  sejuk.degan punya dengar bisa buat air minum mineral(tinggal yang mengelola,iakan...?).

c. Telaga ngebel yang mana panorama alam terasa asri walau ponorogo sendiri jauh dari  namanya laut.disana bermacam aneka buah yang asli kamsaud langsung petik bisa didapat,yang  siap santap juga banyak( tapi ingat harus musim dulu) seperti durian,nangka,rambutan dll.

d.wisata ngembag posisi di timur kota dengan menyediakan bermacam aneka permainan dari  anak-anak hingga kaum remaja yang sedang cuap-cuap ma TTM,tidak ketinggalan untuk  dewasa kolam renang yang mengasikkan.

e.Taman blok M(macan)bertengger di pusat kota bagian utara yang menyuguhkan blog area bagi pengguna yang suka gratis-gratis dalam hal acak-acak www.

dan masih banyak lagi wisata rekreasi yang lain yang memikat kolbu dan imaji umumnya.seperti kucur badegan,tirto waloyojati sooko,goa lowo sampung.dll

2.Wisata religi 

a.makam bupati pertama raden batoro katong letaknya di desa setono timur kota lama

b.makam ki ageng besari beliau adalah ulama yang disegani karena menumbuhkan banyak kyai.alkisah beliau kalau memetik kelapa tidak manjat tapi tinggal manggal pohonya langgsung nentelung(jawa).dan setiap kapal terbang lewat atasnya pasti jatuh,dengan murid yang terkenal raden RONGGOWARSITO.Adapun makamnya didesa tegal sari selatan kota.

c.makam jayengrono pesareannya berada didesa pulung merdeka.

d.makam srandil disana bersemayam seorang kyai dari daerah jateng.makam ini selalu ramai dikunjungi karena alkisah tiap do"yang diminta terkabulkan,wallohua'alam.sedangletaknya didesa srandil sumoroto barat kota.

e.makam kyai hasyim sholeh beliau adalah perintis sima'an dzikrul ngofilin di ponorogo dengan pempinan pusat kyai nyentrik hamim djazuli atau Gus MIK.Sebenarnya beliau sudah diberi tempat pemakaman di dekat makam gus mik ditambak mojo kediri tapi beliau tidak kerso(jawa) karena beliau ingin dekat dengan santrinya yaitu pon pes DARUL HUDA.

f.bunda maria(umat kristen)letaknya di kec.sooko yang mana wisata ini sampai menusantara.dengan bukti rombongan wisata religi dari jokja terbalik busnya setelah dari sana,dan disayang banyak korban jiwa,ini terjadi sekitar 3tahun lebih.

dan masih banyak seperti abdi dalem batoro katong bernama mbah ndalem(syeh ahmad)patihan wetan.mbah ngozali (huffadz ponorogo)timur Mts/ma mualimin po.dll 

3.wisata budaya

a.REOG ini adalah maskot ponorogo dikaliber dunia,mengapa?sebab setiap disebut reog pasti terkait indonesia kemudian ponorogo atau reog ponorogo indonesia.yang mana dalam rangka ulang tahun ke 15 kota ponorogo festifal lomba reog digelar, tidak tanggung-tanggung PT.SAMPORNA.TBK yang indentik dengan 234 fasal 5(jie sam sue).untuk memeriahkan acara tahunan dengan mengusung lebel nasional.

b.LUKIS hal bidang ini yang digeluti orang sekelas goes pooor yang suka otak atik warna menjadi menarik.dan dalam momont grebeg suro ini juga diadakan pameran ditimur gedung sasana praja.

c.HADROH kebudayaan terkait islam juga mewarnai jagad ponorogo dari klasik hingga modern.tapi keberadaan klasik kian terpojok,alternatif bijak diambil cepat oleh penkab po dengan terealisasikan lomba hadroh klasik dengan juara l gruop al hasaniyah perwakilan kec.babadan.

d.KALIGRAFI juga merupakan sistem dakwah kaum bersarung,diponorogo sendiri menelurkan para kalegrafer handal yang di godok di pondok terkemuka seperti gontor,darul huda mayak .suatu bukti wakil ponorogo yang diambil jawa timur mewakili di medan dapat meyabet juara l dengan tema kaligrafi kontenporer(santri ponpes darul huda)

juga tak kalah penting wisata budaya masih menyimpan cerita seperti gajah-gajahan,kiling(kec.pulung)yang mana kemarin diundang kepulau bali guna menampilkan seni tersebut dll. 

Wah ternyata ponorogo pantas diberi gelar kota pariwisata.namun tidak kalah asyik dan di dalami yakni kota santrinya,buka jombang,kediri tapi ponorogo juga.mau bukti!

1.PONPES DARUSSSALAM GONTOR yang sudah menerbitkan pemimpin yang berlian seperti ketua DPR,ketua organisasaiNU,Muhammdiyah(sekarang),noer kolis majid dll.bertemat di desa gontor siman.

2.PONPES DARUL HUDA pondok ini bergelut/berkecimpung di masyakat dengan kH.ABDUS SAMI' penggerak rutinan masyakat ponorogo dengan sima'an mantab yang diusung dari GUS MIK pimpinan pusat(kediri).tempatnya desa mayak tonatan.

3.PONPES TAHFFIDZUL QUR'AN yang diasuh oleh K.H husein aly.MA. Beliau berguru pada KH ARWANI KUDUS,KH DIMYATI DANTEN DLL.di situ juga menawarkan qiri'ah sab'ah.beliau menamai pondoknya dengan nama AL HASAN,SEDANG LOKASINYA DI PATIHAN WATAN PARANG MENANG.

juga serta masih banyak lagi seperti ponpes jeresan,ponpes dipokerti,PONPES hasyim as'ri,ponpes al idris,PP ARRISALLAH.PP almawaddah dan lain-lain pokoknya ponorogo KOTA SANTRI

*****sumber pengambilan

www.eastjava.com/tourism/ ponorogo/spiritual.html                                                                                                   abdul-zaini.blogspot.com/ 2008_04_01_archive.html                                                                         galuharya.multiply.com/journal/item/4/telaga_ngebel

3 komentar:

  1. keren artikelnya, terus lestarikan budaya bangsa ya.. sebelum bangsa lainy ang melestarikannya.. enjeh..???

    BalasHapus
  2. terus budayakan imaji anda sebagai generasi ponorogo......

    BalasHapus
  3. Sul...artikel mu lek ngo py ko ngendi, hix..hix..

    BalasHapus